Koding dan KA

Pembelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial, Fondasi Pendidikan untuk Masa Depan

Pendidikan kita tengah bergerak ke arah transformasi digital. Untuk membekali murid menghadapi masa depan yang makin kompleks dan berbasis teknologi, Koding dan Kecerdasan Artifisial (KA) kini mulai dihadirkan sebagai bagian dari kurikulum nasional.

 

Strategi Pembelajaran Koding dan KA

  • Tanpa perangkat digital : Pembelajaran tanpa perangkat digital berbasis aktivitas melalui simulasi, permainan, dan aktivitas fisik lainnya.
  • Dengan perangkat digital : Memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak tertentu, seperti komputer, tablet, ponsel pintar, atau perangkat lain.
  • Berbasis internet : Memanfaatkan konektivitas internet untuk mengakses materi, menggunakan perangkat lunak, dan berkomunikasi.

 

Tujuan Mata Pelajaran Koding dan Kecerdasan Artifisial

  • Intrakurikuler sebagai mata pelajaran pilihan : Tidak mewajibkan seluruh satuan pendidikan untuk menyediakan mata pelajaran tersebut dan menjadikannya pilihan bagi murid yang memiliki minat untuk mempelajarinya.
  • Terintegrasi dengan mata pelajaran lain : Satuan pendidikan dapat mengintegrasikan materi pembelajaran atau kemampuan koding dan KA pada mata pelajaran lain.
  • Kokurikuler : Satuan pendidikan dapat mengembangkan kokurikuler berbasis teknologi atau rekayasa (engineering) dengan memanfaatkan teknologi koding dan KA.
  • Ekstrakurikuler : Satuan pendidikan dapat mengembangkan ekstrakurikuler berjenis latihan olah-bakat atau olah-minat yang berkaitan dengan koding dan KA seperti robotika dan koding.


Komentar Anda :

Email anda tidak akan di publikasikan. * tidak boleh dikosongkan


0 Comments